Rabu, 28 Juli 2010

Liputan6.com, Roma: Hari ke-15 Kejuaraan Dunia Akuatik di Roma, Italia, terus menyimpan banyak kejutan. Perenang asal Amerika Serikat, Michael Phelps berhasil menorehkan rekor dunia baru 100 meter gaya kupu-kupu, Sabtu (1/8) waktu setempat. Pasalnya, dia mencatat waktu 49,82 detik dan mengalahkan perenang Serbia, Milorad Cavic. Cavic harus rela duduk di posisi kedua dengan selisih 0,13 detik, disusul perenang Spanyol, Rafael Munoz.

Rekor dunia juga turut dicatatkan Liam Tancock dari Inggris di semi final renang gaya punggung 50 meter putra. Dia mencatat waktu 24,08 detik. Di kategori putra, perenang Brazil, Cesar Cielo Filho keluar sebagai juara renang gaya bebas 50 meter putra, dengan waktu 21,08 detik. Posisinya ditempel ketat oleh dua perenang Prancis, Frederick Bousquet dan Amaury Leveaux.

Di kategori gaya kupu-kupu 50 meter putri, gelar juara disabet Marieke Guehrer dari Australia dengan catatan waktu 25,48 detik. Guehrer disusul perenang Cina, Zhou Yafei dan Ingvid Snildal dari Norwegia. Sedangkan pemegang rekor dunia, Therese Alshammar harus puas di posisi keempat.

Juara olimpiade sekaligus pemegang rekor dunia gaya bebas 800 meter putri, Rebecca Adlington juga harus puas berada di posisi keempat. Lotte Friis dari Denmark membuktikan diri jauh lebih unggul dengan catatan waktu delapan menit 15,92 detik di nomor itu. Diikuti perenang Inggris Joanne Jackson dan Alessia Filippi dari Italia.

Sedangkan perenang Zimbabwe, Kirsty Coventry, kembali memecahkan rekor dunia untuk kategori renang gaya punggung 200 meter putri. Dia mencatatkan waktu dua menit 4,81 detik. Posisi kedua dan ketiga ditempati perenang Rusia Anastasia Zueva dan Elizabeth Beisel dari AS.

Rekor dunia turut pula ditorehkan tim renang estafet putri Cina. Mereka mencatatkan waktu tiga menit 52,19 detik untuk kategori renang estafet empat kali 100 meter. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati Australia dan Jerman.(IRN/YUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar